Senin, 07 Juni 2010

Masih Perlukah ke Gereja ?

Bacaan: Ibrani 10:19-39
Janganlah kita menjauhkan diri dari pertemuan-pertemuan ibadah kita...- Ibrani

Apakah beribadah mesti harus pergi ke gereja? Kuno, ah. Bukankah ini jaman modern nan canggih? Mengapa tidak mencoba beribadah lewat internet? Ini membuat kita tidak perlu repot-repot ke gereja. Tidak perlu pusing soal bagaimana harus memarkir mobil di area yang terbatas. Tidak perlu takut kalau tidak kebagian tempat duduk. Lebih enak beribadah di rumah sendiri, bisa sambil menghabiskan camilan atau sambil meneguk aroma moccacino.

Beribadah di dunia maya (internet) ternyata menarik minat beberapa orang Kristen di Jerman, seperti halnya yang terjadi di Hamburg. Bahkan mereka tidak perlu membawa uang kolekte lagi, karena setiap anggota jemaat diberi kartu kredit khusus agar mereka tidak kesulitan memberikan kolekte. Lepas dari uniknya beribadah di depan komputer, muncul pertanyaan mendasar, “Masih perlukah kita pergi ke gereja untuk beribadah?”

Theodore Roosevelt, presiden AS, pernah berkomentar tentang hal ini, “Ya, saya tahu segala macam alasan itu. Saya tahu bahwa seseorang bias beribadah di rumahnya sendiri seperti di gereja. Tapi saya juga tahu bahwa sebenarnya rata-rata orang tersebut tidak bisa mencurahkan dirinya seperti itu. Dengan beribadah di gereja, kita akan melewatkan banyak kesempatan untuk menolong sesama dan itu berarti juga menolong dirinya sendiri.”

Alasan yang saya kemukakan tentang kontroversi tersebut adalah bahwa beribadah bukan hanya saja menyangkut hubungan vertikal antara kita dengan Tuhan, melainkan juga menyangkut hubungan horizontal antara kita dengan sesama. Itu sebabnya, tidak ada alasan yang bisa membenarkan bahwa orang Kristen tak perlu lagi pergi ke gereja! Terdengar terlalu kolot dan konvensional? Menurut saya tidak. Fakta membuktikan bahwa di dalam dunia yang nyata ini, sebuah komunitas yang tak bergereja, cenderung merupakan komunitas yang cepat merosot! Ibadah tidak hanya merupakan hubungan vertikal tapi juga horizontal. Tidak ada yang bisa membenarkan bahwa kita tidak perlu lagi ke gereja.(dikutip dari renungan harian spirit)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar